Senin, 07 Desember 2009

Don’t Talk Too Much,Actions Speak Louder Than Words


Jangan banyak bicara, tindakan lebih penting dari kata-kata (Belajar Lingkungan pada Putra Daerah)
Adalah seorang Putra Daerah bernama Sarni, alamat: Dusun Claket, Bulugunung, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Pendidikan terahir SD Negri Bulugunung, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Lahir Magetan, 19 juni 1953,Jawa Timur.

Penerima Dua Penghargaan
Sarni pun menerima dua kali penghargaan dibidang Lingkungan: Pertama, Penghargaan Kalpataru bidang Pengabdi Lingkungan yang diserahkan oleh Presiden BJ Habibie (1998). Kedua, Sarni menerima tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono sebagai penghargaan atas konsistensinya menjaga lingkungan Hidup setelah menerima Kalpataru sebelas tahun silam.

Pelestari Lingkungan
Tugas Sarni sangat berat harus berjalan kaki dua setengah Km menelusuri saluran air dilereng Gunung Lawu ke Sarangan, walaupun berat, Sarni menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati.

Sering Berinteraksi dengan Warga
Dalam menjalankan tugasnya dia sering berinteraksi dengan masyarakat mengajak dan menyadarkan warga akan pentingnya menjaga kelestarian Telaga Sarangan.

He is a man of action
Prestasi yang dicapai
1.Membenahi saluaran air dengan cara membangun saluran dengan lapisan semen sepanjang 3 Km.
2.Pemasangan peralon dari sumber air kepemukiman Warga di Desa Sarangan dan Ngancar.
3.Memotifasi Warga pentingnya penggunaan air secara hemat.
4.Mengajak Warga untuk menanam bibit pohon disekitar Talaga Sarangan dan memasok air ketelaga
5.Menjaga lingkungn tetap lestari.
6.Menularkan Ilmu pada Masyarakat tentang penyediaan bibit pohon,pemungutan sampah plastik, pengolahan sampah menjadi pupuk kompos Organik


Don’t talk too much,actions speak louder than words

Ojo Ngomong tok (Jangan ngomong saja)’,seluruh upaya ini bisa berhasil setelah dirinya sendiri ikut menerapkannya.Tanpa Itu,dia yakin tidak bisa mengubah warga.”kalo tidak ada contoh, orang lain tidak akan mau mengikutinya.”

Selected Reading.”SOSOK”kompas, Senin,7 Desember 2009, Hal 16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar