Rabu, 18 November 2009

Is there a Smile That's Part Of Instruments Promotion??



Adakah Senyum Itu Bagian Dari Instrumen Promosi ??
Tumbuhnya berbagai Pusat Perbelanjaan di berbagai Kota Besar sangat menggembirakan.Dikatakan menggembirakan karena Pusat Perbelanjaan saat ini telah memanjakan konsumen dengan berbagai fasilitasnya.Disisi lain dengan banyaknya konsumen,kegiatan usaha didalamnya banyak memperoleh manfaat,misalnya:
1.Pusat penyediaan makanan banyak dikunjungi pengunjung yang makan.
2.Toko yang menyediakan berbagai kebutuhan Primer dan Sekunder rajin melayani pembeli.

Faktor pelayanan menjadi tolak ukur keberhasilan usaha. Pelayanan dapat bervariasi dan ada hubungannya dengan Produk (product), harga (Price), tempat (Place),Promosi (Promotion),melalui kemampuan fisik (Physical Evidence),melalui proses pelayanan (Process Design),dan melalui berbagai pelibatan (Participant).

Pelayanan Produk
Pelayanan produk artinya,konsumen dihadapkan kepada stock yang cukup.Sehingga konsumen mudah mencari barang yang diperlukan;Produk tidak Kadaluarsa baik isi maupun kemasannya.

Faktor Harga
Ada berbagai pelayanan yang menyangkut faktor harga antara lain:pemberian diskon;kupon berhadiah;kebijakan penjualan mingguan;harga spesial bagi konsumen yang memerlukan barang untuk dijual lagi.

Factor Lokasi
Lokasi yang jauh dari keramaian atau tempat pemukiman sangat mempengaruhi pendirian Supermarket,bila hal tersebutpun terjadi harus disertai ekstra pelayanan seperti,layanan pesanan barang .

Inti dari kegiatan Promosi
Promosi adalah fungsi pemasaran yang fokus untuk mengkomunikasikan program-program pemasaran secara persuasive kepada target audience (pelanggan-calon pelanggan) untuk mendorong terciptanya transaksi-pertukaran antara perusahaan dan audience.Kegiatan promosi dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan sebagai berikut:
- Menciptakan atau meningkatkan awareness produk atau brand.
- Meningkatkan preferensi brand pada target pasar.
- Meningkatkan penjualan dan market share.
- Mendorong pembelian ulang merk yang sama.
- memperkenalkan produk yang baru.
- Menarik pelanggan baru (Cravans,1991)
Semakin banyak dilakukan promosi semakin banyak pula pengunjung datang.Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain pemasangan iklan di berbagai media cetak,media elektronik maupun media lainnya,biasanya promosi memerlukan anggaran yang besar.

Adakah senyum bagian dari Instrumen promosi?
Cara yang lebih mudah,praktis,dan hemat biayanya bila pengelola toko menempatkan pramuniaganya dengan orang-orang yang berpenampilan menarik,cantik,dan yang utama murah senyum,serta santun terhadap pelanggan. Dengan senyum menunjukkan keramah-tamahan,dengan senyum bisa menarik pembeli,.,Ada slogan mengatakan: “Karena keramahtamahanmu aku datang; karena senyummu aku kembali ;karena hargamu aku membeli; karena pelayananmu yang baik aku datang kembali”

Faktor keramahan,santun,dan murah senyum serta pelayanan yang baik dari petugas lapangan akan membawa pengaruh pembeli datang lagi ke Supermarket. Jadi keramah-tamahan merupakan factor keunggulan yang harus diusahakan.

Selected Reading: Ali Hasan,S.E.,M.M., MARKETING,MedPress,2008,p.367.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar