Jumat, 20 November 2009

Discussions Can Be An Effective Tool For Change(Bagian 1 dari 2 Tulisan)




Budaya Berani Berdiskusi,Salah….atau Benar..?
Ada orang mengatakan bahwa terjadinya Pengangguran saat ini karena terbatasnya kesempatan kerja (Mungkin… Investor Asing dan Investor Lokal belum berani menanamkan modalnya sebab masih menunggu Iklim Investasi yang sehat dan tertibnya Hukum dan keberhasilan memberantas Korupsi...?)
Faktor lain karena lemahnya Kwalitas Sumber Daya Manusia.
Ada dua komponen dasar Pengembangan Sumber Daya Manusia: (1) Komponen Input yaitu: Kesehatan, Pendidikan, dan Keterampilan (2) Komponen Output yaitu: Angka Kematian, Harapan Hidup, kesegaran jasmani dan lain-lain.

Pengembangan Sumber Daya manusia
Ada tiga sisi peninjauan pengembangan Sumber Daya Manusia yaitu(1).Dari pengertian Ekonomi; (2).Dari segi Politik;(3).Dari segi Sosial Budaya.
Dalam pengertian Ekonomi, pengembangan Sumber Daya Manusia dapat digambarkan suatu asset yang perlu dikembangkan .
Dari segi Politik pengembangan Sumber Daya Manusia dipersiapkan untuk menjadikan manusia yang penuh dengan rasa tanggung jawab,berpartisipasi aktif dalam politik terutama dalam menumbuhkan sistem Demokrasi.
Dari segi Sosial Budaya pengembangan Sumber Daya Manusia dimaksudkan untuk membantu orang kearah kehidupan yang lebih sejahtera. Dari sudut pandang tersebut seharusnya proses pengembangan Sumber Daya Manusia membuka pintu modernisasi ( Kemajuan yang mengikuti perubahan).

Banyak cara untuk pengembangan Sumber Daya Manusia antara lain :
1.Melalui pendidikan formal-mulai dari pra Sekolah,Sekolah Dasar,Sekolah Lanjutan,Akademi dan Perguruan Tinggi.
2.Melalui Pendidikan non formal, dapat berupa Kursus-kursus atau Pendidikan jarak jauh (Long Distance Course), magang pada Perusahaan atau pada Organisasi lainnya.
3.Pengembangan Diri Sendiri yaitu seseorang atas inisiatif sendiri berusaha mendapatkan pengetahuan keterampilan dan belajar dari orang lain melalui diskusi kelompok. (Selected Reading: Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Masa Depan, Penerbit PT Citra Putra Bangsa, dan Penerbit Mizan tahun 1996)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar