Minggu, 29 November 2009

Mungkinkah Belajar Bisnis Di Pusat Perbelanjaan…..?



Pada hari Minggu tanggal 29 November 2009 saya memanfaatkan waktu untuk pergi ke Bandung, maklum Bandung dan sekitarnya selalu menarik saya karena berbagai fasilitas sebagai kota wisata, ada Taman Rekreasi, Kebun Binatang, dan banyak Mall sebagai Pusat Perbelanjaan. Rekreasi tidak harus menunggu liburan akhir tahun tetapi membawa keluarga pada akhir pekan juga menyenangkan dan menambah pengalaman baru bagi anak-anak untuk rekreasi.

Setelah menikmati keindahan Alam di Bandung Utara kami turun untuk mengunjungi salah satu Pusat Perbelanjaan di kota Bandung suasana cukup ramai,banyak Ibu-ibu dan Bapak-bapak membawa Keluarganya. Pusat permainan dan Pusat makanan tiap akhir pekan panen, dengan banyaknya pengunjung Pengusaha untung konsumen senang.

Do I Have Enough Information to Clearly Support My Objective?
Tujuan saya membawa keuarga ke Bandung dan berkunjung ke Pusat Perbelanjaan antara lain disamping berekreasi juga tujuannya adalah memberikan nuansa baru dan mengenalkan pada mereka suatu bisnis yang mempunyai prospek cerah yaitu bidang usaha makanan yang disukai para remaja.Apa yang bisa ditarik pelajaran dari kemajuan perusahan tersebut?

Definition of Marketing.
Suatu barang yang di produksi memerlukan pemasaran yang terarah dan tepat sasarannya. Pengertian pemasaran adalah suatu proses kegiatan bisnis meliputi perencanaan, penentuan harga, promosi, dan mendistribusikan produk tersebut kepasar sesuai dengan tujuan organisasi.(Marketing is a total system of business activities designed to plan, price, promote, and distribute want satisfying products to target markets to achieve organizational objectives (William J. Stanton, Fundamental Of Marketing, Ninth Editon,USA,1991)

A Goal-Oriented Approach
Suatu organisasi dikembangkan untuk tujuan tertentu yang dinyatakan dalam tujuan dan sasarannya, (Organization are developed for specific function expressed in their goal and objectives). Termasuk didalamnya adalah penentuan perencanaan untuk mencapai tujuan yang diharapkan . Siapa yang mengerjakan, kapan waktunya dan dimana harus ditetapkan (Who is to do what, when, and where must be determined).

The Importannce Of Business To Consumer Behavior
Dipojok sebelah kiri ada ruangan begitu ramai dikunjungi konsumen, saya tertarik datang juga kesana dengan membawa keluarga.Ternyata yang dujual donat ,makanan ringan, berbagai minuman.Yang ingin dikemukakan disini adalah bagaiman mengelola suatu cafe dan mengelola para karyawannya:

1.Pengaturan ruangan, yang serasi tempat duduk yang teratur, konsumen merasa baru duduk saja sudah nikmat.
2.Pengaturan pelayanan, konsumen antri dengan tertib, memilih menu yang disukainya.
3.Pelayanan pembayaran, petugas Kasir dengan cekatan menghitung jumlah uang sesuai dengan menu yang harus di bayar.
4.Pelayanan lainnya,kalau jumlah yang dibeli cukup banyak maka pelayan mengantarkan pesanan ketempat duduk.

Developing a Supportive Climate
Salah satu tangung jawab dari seorang manager adalah mengembangkan dan memelihara partisipasi aktip dan hubungan dari bawahannya. Suasana lingkungan yang mendukung dapat tercipta jika seseorang merasa ada kebebasan berbicara dan mengembangkan kreativitasnya. Suasana diperusahaan akan terasa hidup jika ditandai kepercayaan,keterbukaan partisipasi dan indikator lainnya dimana organisasi berorientasi kepada sumber daya manusia (they are characterized by such things as trust, openness, participative decision making, and other indicators that the organization is people-oriented.Demikianlah sekelumit pengenalan pengantar Bisnis dan pulangnya kami membawa oleh-oleh untuk dibawa kerumah,kesimpulannya tujuan tercapai:Rekreasi senang ; makan kenyang ; dan Ilmu Bisnis dapat.

(Selected Readings:William J.Stanton Michael J.Etzel Bruce J.Walker”Fundamentals of Marketing-“Business Communication,Strategies and Solution.John W.Baird.James B.Stull)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar