Kamis, 05 November 2009

THE GREAT LEADERS ARE GREATSALES PEOPLE


Bagian ke satu

MAMPUKAH SAYA MENJADI MANAGER PENJUALAN
Beberapa minggu lalu tepatnya pada hari Sabtu, sewaktu saya dengan keluarga berlibur di Villa Mekar Raya, Desa Batulayang Cisarua Bogor, kedatangan tamu, seorang anak laki muda yang memperkenalkan dirinya putra dari orang tua teman lama saya ,berdomisili di Jakarta. Anak muda tersebut memperkenalkan dirinya dengan sangat ramah dan senyum bernama Son Abdullah bersama inisial AB. Dia menceritakan pengalaman hidupnya, sekolahnya, sampai Perguruan Tinggi dan sekarang lagi meniti karier di bidang Penjualan .Sebelumnya dia berpengalaman kerja dibidang Administrasi Keuangan. Setelah basa basi obrolan awal dia mengajukan pertanyaan sebagai berikut: “ Om mampukah saya untuk menduduki posisi jabatan yang lebih tinggi sebagai Manager Penjualan?. Posisi tersebut saat ini lowong dan kemungkinan harus segera diisi seperti yang pernah diutarakan atasan kepada saya.
Untuk menjawab pertanyaan anak tersebut, saya menanyakan, persyaratan apa yang diajukan atasan Anda?,
Dia menjawab:-“reporting to the General Manager”.,- “you will have responsibility for sales revenue and profitability growth”.
Apa lagi syarat lainnya? Dia menjawab:
- “5 years of sales/ marketing experience”., -“ability to work independently under pressure”.,- “excellent interpersonal and relationship development skills”.
Saya berpikir dalam hati nampaknya anak muda tersebut sangat paham menguasai bahasa Inggris. Hal ini sangat penting dalam pergaulan terutama dalam komunikasi bisnis. Percakapan dilanjutkan dengan pemahaman definisi selling.(lanjut ke bagian ke dua)

Bagian ke dua

DEFINISI SELLING

Selling is persuasion

Selling as the art of persuading another person to do some think when you do not have, or do not care to expert, the direct power to force the person to do it.
Selling as “the personal or impersonal process of assisting and/or persuading a prospective customer to buy a commodity or a service or to act favorably upon an idea that has commercial significance to the seller.
Secara bebas dapat disimpulkan Selling adalah – seni membujuk,mengajak dan meyakinkan calon pembeli untuk membeli barang ataupun jasa sesuai dengan harga yang disepakati.

YOUR SUCCESS IN BUSINESS

Keberhasilan Anda dibidang penjualan, sangat tergantung kepada kemampuan Anda untuk menjual berbagai produk barang dan jasa kepada pembeli.
Dari pengertian di atas mengandung arti kemampuan untuk memotivasi orang lain melakukan hal yang sama demi tercapainya tujuan penjualan.

THE GREAT LEADERS ARE GREAT SALES PEOPLE
Dasar dari kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan untuk mengelola orang. Posisi manager dalam bisnis adalah, bagaimana mengetahui permasalahan dalam perusahaan dan mengatasi dan mengembangkan dengan berbagai sumber daya dalam rangka memenuhi pelanggan. Intinya adalah ability to people and the main task is to persuade the follower.
Demikianlah percakapan mengenai penjualan, mungkin ada di antara anda yang berminat menambahkannya terimakasih.
(selected reference Frederic A. Russell / Frank H. Beach / Richard H. Buskirk, SELLING Principles and Practices, tahun 1973)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar