Senin, 05 Oktober 2009

Cara Ekspor Jamur Tiram


Pertanyaan :
1. Bagaimana cara ekspor sementara usaha belum berbentuk perusahaan, namun hanya farm biasa ?
2. Adakah perusahaan yang bersedia menampung untuk tujuan Ekspor ?
3. Apakah bisa menampung terlebih dahulu ke Eksportir yang sudah ada ? Bagaimana caranya ? syarat-syaratnya apa ? Dan, dimana alamat perusahaan tersebut ?
4. Apakah butuh biaya dan berapa biayanya ?

Jawaban :Kelengkapan Dokumen Ekspor
Pertama-tama yang harus diperhatikan bila Anda ingin Ekspor adalah kepemilikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Walaupun usaha tersebut bersifat perseorangan atau berbentuk CV. SIUP pada intinya tetap diperlukan misalnya saat seseorang membuka sebuah Toko. Pengertian Ekspor adalah berpindahnya barang ke daerah atau pabeanan lain. Ekspor bisa bersifat langsung bawaan lewat perseorangan, lewat pihak ketiga atau pihak lain yang membawa barang tersebut.

Bila perseorangan ingin ekspor biasanya akan repot saat mengurus Dokumen-dokumen Ekspor.Sehingga perseoranganpun perlu siap sebab harus ada Izin Usaha. SIUP sendiri macam-macam tergantung dari besaran usaha tersebut. Ada SIUP Putih dengan biaya Rp 100 juta untuk Perusahaan Kecil. Selanjutnya SIUP Biru yang membutuhkan biaya Rp 500 juta bagi Perusahaan Menengah. Terakhir adalah SIUP Kuning dengan biaya lebih dari Rp 500 juta bagi Perusahaan Besar.

Namun bisa saja ekspor dilakukan melalui perusahaan lain. Untuk mengetahui perusahaan yang mau menampung produk ekspor bisa membuka direktori alamat perusahaan. Anda cukup klik di Internet dengan komoditi. Misalnya komoditinya adalah Jamur, maka tawarkan saja ke perusahaan tersebut.

Syarat-syarat atau biaya ekspor lewat perusahaan lain tergantung negosiasi natara pemilik komoditi dengan perusahaan trader untuk tujuan ekspor tersebut.

Pertanyaan dan Jawaban tersebut bersumber dari Forum Konsultasi yang diasuh, ; Ariful Fuadi, Konsultan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Departemen Perdagangan. Gedung PPEI Jl. S Parman No. 112, Jakarta 11440 Telp (021) 5666732, 5663309, 5674229, Tabloid Peluang Usaha, hal 10, 20 September-13 Oktober 2009 )

3 komentar:

  1. Nice info,

    Thanks
    Agus

    website: http://jamur-tiram.com

    BalasHapus
  2. LAUNUNA AGRO JAMUR SUNGAI PENUH. Kami sedang mempersiapkan produk jamur tiram dan jamur kuping dan kami membutuhkan informasi2 yg berkenaan dgn itu. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. @Agus: Terima kasih sudah mampir

    @Anonim: Informasi mengenai jamur tiram dan jamur kuping ada di toko buku kita atau klik di

    http://www.bukukita.com/Hobi-dan-Usaha/Perkebunan-Pertanian/54552-Budi-Daya-Jamur-:-Jamur-Kuping,-Jamur-Tiram,-&-Jamur-Merang.html
    semoga berhasil.
    salam kenal http://eriassumarna.wordpress.com/

    BalasHapus